Selasa, 20 Agustus 2013

Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Sebelum lebih jauh dalam mengoperasikan computer, terlebih dahulu kita harus mengetahui prosedur menghidupkan computer dengan benar. Jika prosedur tersebut tidak dilakukan secara benar, akan berakibat kerusakan pada software bahkan hardware computer.
 
Contoh Tampilan Desktop Windows XP
 
Hal yang perlu diperhatikan dalam menghidupkan computer adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan semua peralatan computer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik.
  2. Periksa keyboard, mouse dan monitor telah tersambung pada port yang benar
  3. Lakukan pengecekan pada drive floppy A, jika computer masih menggunakan drive Floppy A pastikan tidak ada disket di dalamnya dan booting pada BIOS di set pada HDD 0 atau SATA 1 yang merupakan harddisk utama (primer)
  4. Tekan power pada UPS dan stabilizer (jika ada), kemudian tekan power pada CPU dan monitor. Tunggu proses booting berjalan sampai dengan selesai.
  5. Setelah booting selesai akan tampil desktop seperti di bawah ini, dan kursor pointing berbentuk anak panah tanpa berubah lagi menandakan proses booting sudah selesai dan komputer siap digunakan.
Proses menyalakan komputer dari mati sampai dengan aktif disebut cold booting. Selain cold booting ada pula warm booting. Warm booting terjadi jika komputer sudah aktif atau sistem operasi sudah berjalan dan kita menekan tombol reset.
Apabila selesai menggunakan atau menjalankan computer, computer perlu di matikan dengan prosedur mematikan computer yang benar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan semua program aplikasi tertutup dan anda telah menyimpan data pekerjaan anda
  2. Klik Start pada task bar
  3. Klik Turn of (pada win XP) atau Shutdown (pada win 7), pada win XP selanjutnya akan muncul kotak dialog pertanyaan dan klik tombol Turn Off Computer
  4. Tunggu sampai proses shutdown selesai
  5. Matikan monitor dengan menekan tombol powernya
  6. Selanjutnya matikan perangkat lain seperti UPS, Stabilizer (jika ada)
  7. Cabut kabel arus listrik PLN
Berikut “prosedur menghidupkan” dan mematikan komputer yang benar, silahkan tinggalkan kommentarnya si sodara kuran memahami atau masih mengalami  kesulitan, trimakasih atas kunjungannya. Good Luck.
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts