Sabtu, 24 November 2012

Tips Memilih Motherboard yang Baik dan Terjangkau

Jika Anda ingin membeli PC rakitan, ada baiknya mengetahui dulu arsitektur & periferal yang menentukan dari sebuah PC. Perangkat terpenting PC sebetulnya adalah Motherboard (atau Mainboard). Sebegitu pentingnya perangkat ini, hingga dinamakan sebagai “Mother”. Motherboard adalah sebuah perangkat utama yang menjadi platform / dasar dari sebuah PC. Dapat dikatakan, sebuah PC sebetulnya dibangun dan memiliki spesikasi sesuai dengan Motherboard yang digunakan. Semua devices & periferal seperti Processor, RAM, Hard Drive, VGA Card sampai ke Mouse dan Keyboard semuanya berhubungan dan “dicolokkan” pada Motherboard.

Tips Memilih Motherboard yang Baik :
  • Pilihlah Motherboard dari Pabrikan dan Merk yang Terpercaya.
Untuk hal yang satu ini, anda dapat menanyakannya kepada teman anda. Bagaimana testimoni mereka saat menggunakan merk tersebut. Dan jangan ragu untuk menanyakan secara detil tentang Motherboard yang akan anda beli kepada toko penjual.
Usahakan membeli motherboard pabrikan Taiwan, karena motherboard dari pabrikan Taiwan bahan bakunya lebih berkualitas dan berteknologi tinggi.
  • Carilah Motherboard yang Berharga Terjangkau dan Sesuai dengan Tujuan Penggunaan PC
Sesuai dengan harganya Motherboard dibagi menjadi 3 segmen, yaitu : Value (terjangkau), Mainstream (menengah) dan High End (kelas atas). Tentukan dulu tujuan penggunaan PC, apabila hanya digunakan untuk keperluan standar / administrasi sebaiknya gunakan tipe Value, jika untuk pemakaian home-entertainment bisa menggunakan mainstream dan seterusnya.
  • Garansi yang Memadai dan Jaminan Purna Jual yang Baik
Garansi sangat penting untuk menjamin apabila suatu waktu PC kita mengalami masalah (trouble), sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikannya. Carilah merek yang betul-betul memiliki garansi riil dan dapat dipercaya. Saat ini rata-rata Motherboard memiliki garansi 1 – 5 tahun. Garansi juga terkait dengan layanan purna jual, dimana kita membeli devices tambahan atau komplain mengenai produk yang kita. Artinya penting buat kita untuk membeli Motherboard pada dealer yang cukup bonafid.
  • Kelengkapan pada Motherboard
Perangkat komputer yang paling keras yang melekat pada motherboard, melalui (Universal Serial Bus) port USB. Selalu periksa jumlah port USB yang motherboard dapat mendukung. Jumlah slot ekspansi juga harus diperiksa, sebagai salah satu mungkin perlu untuk menempatkan tambahan, seperti grafis, suara tambahan atau internet nirkabel ke motherboard.

Tak kalah penting adalah kelengkapan pada Motherboard. Ketika membeli suatu Motherboard box-packaged haruslah menyertakan CD Driver, Buku Manual (Guide Book), Kabel ATA/SATA/Floppy dan Back-panel (berfungsi untuk pelapis bagian belakang casing sebagai tempat konektor). Item diatas minimal harus ada, karena kita tidak dapat merakit PC tanpanya.
  • Pilihlah chipset dan komponen Motherboard yang baik dan Awet Umurnya. 
Chipset merupakan jantung dari Motherboard. Chipset yang ditawarkan umumnya merk seperti Intel, SIS, Via, Nvidia. Usahakan memilih chipset yang terbaru, misalnya  mendukung prosesor jenis baru, memory DDR2/DDR3, Hard Disk SATA, dsb.
Pilihlah motherboard yang memiliki solid kapasitor, artinya komponen kapasitornya didesain padat, dan tidak mudah bocor. Kapasitor jenis ini selalu dipasang dekat dengan prosesor , dan menerima lebih banyak panas, sehingga umurnya lebih panjang dibandingkan kapasitor biasa.
  • Pilihlah Motherboard yang Arsitekturnya Baik dan Efisien.
Pabrikan yang terkenal umumnya memiliki arsitektur/layout Motherboard yang baik. Sehingga pemasangan komponen lainnya seperti memori, prosesor dan VGA Card tidak saling menghalangi satu sama lain.
Motherboard yang arsitekturnya baik akan memudahkan pemasangan, sistem perkabelan dan mendukung semua ukuran periferal, serta memiliki sistem aliran udara yang baik (airflow) bila ditambahkan dengan beberapa kipas casing.
  • Kelengkapan dan Garansi Motherboard dalam Kemasan Saat Membeli.
Pastikan anda menerima barang dengan kondisi lengkap. Umumnya didalam kemasan akan disertakan dua kabel Floppy/ATA/SATA, Back Panel (penutup belakang motherboard setelah dipasang pada casing), Buku manual, buku garansi, serta CD Driver. Kelengkapan Motherboard

Pastikan juga anda menerima Motherboard dengan kondisi komponen yang baik. Periksa apakah ada goresan, atau komponen yang pecah, karat,  kotoran, ataupun pin prosesor yang membengkok/patah pada saat membeli.

Sebelum memilih motherboard, adalah penting untuk memahami sistem komputer, apakah Anda memerlukan sistem multimedia, game atau fitur tertentu lainnya. Sebuah kombinasi yang baik dari chipset dan prosesor high-end dengan motherboard, akan meningkatkan kinerja sistem komputer Anda.
  • Semoga bisa membantu, trimakasih atas kunjungnnya silahkan jejak komentarmu jika masih ragu dengan pilihnmu dan pastikan percaya diri. Wassalam. good Luck.
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts